Senin, 11 September 2017

Memblokir Situs Dengan Web Proxy

Memblokir Situs Dengan Web Proxy

       



                                    



A.Pendahuluan 
saya akan menjelaskan bagaimana cara memblokir situs dengan web proxy

1.Pengertian :
 Sebagai pengguna teknologi informasi, tidak asing bagi kita dengan istilah "proxy" secara umum arti dari proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melkukan request terhadap content dari internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.

2.Latar Belakang 

ingin suatu saat nanti dapat berguna di sekolah saya.

3.Maksud Dan Tujuan 
 Memblokir situs itu tidak ada salahnya karena memblokir situs itu untuk tujuan tertentu , tujuan saya disini adalah untuk membuat siswa yang ada disekolah saya itu fokus pada saat pelajarannya.

4.Hasil Yang Diharapkan 
jika saya sudah berhasil melakukan konfigurasi ini saya dapat mengembangkannya lebih lanjut, dan tentunya saya dapat terapkan disekolah saya.

B.Alat Dan Bahan 
-PC
-Mikrotik
-Kabel UTP
-Koneksi Internet

C.Jangka Waktu / Pelaksanaan Kegiatan 
 konfigurasi ini kira-kira 20 menit 

D.Proses dan Tahapan Pekerjaan

1.Pertama kita masuk ke winbox
2. Lalu kita masuk IP> Web Proxy > lalu kita centang enabled untuk mengaktifkan fungsi proxynya. apply lalu ok

                                  gg

3. Lalu masuk ke menu IP>Firewall>NAT



                              gg2

4.lalu klik add> chain=dstnat>protokol= 6(tcp) > dst port=80> dan in.interface itu interface yang masuk ke komputer client.

                             gg3

5. lalu pada menu action kita pilih redirect lalu kita isikan to port =8080

                          gg4

                         gg5

6. lalu masuk ke menu webproxy lagi klik access

                                gg6

7. klik add/+ lalu kita isikan dst.host (alamat yang akan kita blokir). 
contoh detik.com
 untuk actionnya deny karena kita kan memblokir.

                                 gg7

jika ingin me redirect kan ke alamat lain kita tinggal mengisi alamat lain di redirect to.

8. Lalu sekarang kita cek di browser.


                              gg8
nah untuk hasil diatas berhasil

E.Hasil Yang Didapatkan 
 Hasil yang didapatkan kali ini saya dapat melakukan konfigurasi ini dengan sedikit mengulang-ulang dan menelitinya, karena kalau tidak teliti bisa saja gagal.

F.Temuan Masalah
Masalah yang saya temukan saat melakukan konfigurasi ini adalah ketika sudah selesai melakukan konfigurasi tetapi masih gagal, jadi kita harus mengulang kembali dan meneliti kembali konfigurasi kita.

G.Kesimpulan 

Ketika kita melakukan konfigurasi kita harus melakukannya secara perlahan dan jangan terburu-buru ketika melakukan konfigurasi tersebut. 

H.Referensi 

0 komentar:

Posting Komentar

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer Assalamualaikum wr.wb A.Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) s...

 
hesti ANH_blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template