Selasa, 12 September 2017

Managemen Project

Management Project

Assalamualaikum wr.wb

A.Pendahuluan
 Disini saya akan menjelaskan tentang management project di bidang IT

1. Prinsip umum management proyek
 George R. Terry telah  merumuskan fungsi-fungsi tersebut sebagaui POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling ).
 -Planning (oerencanaan)
 - Organizing (Pengorganisasian)
 - Actuating (Penggerakan )
 - Controlling (Pengendalian )

A.Planning (Perencanaan)
 Planning adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasarn tertentu. Kegiatan diartikan sebagai kegiatan yang di lakukan dalam rangka pekerjaan kontruksi, baik yang menjadi tanggung jawab pelaksana (kontraktor) maupun pengawas (konsultan). kontraktor maupun konsultan, harus mempunyai konsep planning "yang tepat mencapai tujuan sesuai dengan tufgas dan tanggung jawab masing-masing.

Pada proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut :
 1.Permasalhan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya tersedia.
 2. Cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperkihatkan sumber daya yang tersedia.
 3. penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang konkrit.
 4. penepatan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan dan sasaran.

B. Organizing ( Pengorganisasian )
Organizing (pengorganisasian kerja) dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang di lakukan oleh sekelompok orang, dipimkan hubungan-pin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah organisasi,\. Wadah organisasi ini menggambar hubungan-hubungan struktural dan fungsional yang diperlukan untuk menyakurkan tanggung jawab, suber daya maupun data. 
Organisasi berfungsi untuk :

 1. Menjamin Terpeliharanya koordinasi dengan baik.
 2. Membantu pimpinan dalam menggerakan fungsi-fungsi management.
 3. Mempersatukan pimpinan dari satuan organisasi yang lebih kecil yang berada dalam koordinasinya

Dalam fungsi organizing, koordinasi merupakan mekanisme hubungan struktural maupun fungsional yang secara konsisten harus di jalankan. Koordinasi dapat di lakukan melalui mekanisme:

1.Koordinasi Vertikal ( menggambarkan fungsi komando )
2. Koordinasi Horizontal (menggambarkan interaksi level)
3. Koordinasi Diagonal (menggambarkan interaksi berbeda level tapi di luar fungsi koman) .

C.Actuating (penggerakan)
Diartikan sebagai fungsi menagement untuk menggerakan orang yang terhubung dalam organisasi agar melakukan kegiaatan yang telah di tetapkan di dalam planning. Pada tahap ini di perlukan kemampuan pimpinan kelompok untuk menggerakan, mengarahkan dan motivasi kepada anggota kelompok untuk secara bersama-sama memberikan konstribusi dalam menyukseskan management proyel mencapai tujuan dan sasaran yang telah di terapkan.
'Beberapa metode mensukseskan "Actuating" yang dikemukakan oleh George R. Terry , yaitu:
1. Hargailah sesesorang apapun tugasnya sehingga ia merasa keberadaanya di dalam kelompok atau organisasi menjadi penting.
2. intruksi yang di keluarkan seorang pimpinan harus dibuat dengan mempertimbangkan adannya perbedaan individual dan pegawai, hingga dapat di laksanakan dengan cepat oleh pegawai.
3. perlu ada pedoman kerja yang jelas, singkat , mudah dipahami dan di laksanakan oleh pegawainya.
4. lakukan pratek partisi dalam management untuk menjalin kebersaaan dalam penyelenggaraan management, hingga setiap pegawai dapat difungsikan sepenuhnya sebagai bagian dari organisasi.
5. upayakan memahami hak pegawai termasuk urusan kesejahteraan, sehingga tumbuh sense of belonging dari pegawai tersebut terhadap tempat bekerja yang diikutinya.
6. pimpinan perlu menjadi pendengar yang baik, agar dapat memahami dengan benar apa yang melatar belakangi keluhan pegawai, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan sesuatu keputusan.

Seseorang  pimpinan perlu mencegah untuk memberikan argumentasi sebagai pembenaran atas keputusan yang diambilnya, oleh karena itu pada umumnya semua orang tidak suka pada alasan apalagi kalau dicari-cari agar bisa memberikan dalih pembenaran atas keputusannya.

Jangan berbuat sesuatu yang menimbulkan sentimen dari orang lain atau orang lain menjadi naik emosinya.

Pimpinan  dapat melakukan teknik persuasi dengan cara bertanya sehingga tidak dirasakan sebagai tekanan oleh pegawainya.

Perlu melakukan pengawasan untuk meningkatkan kinerja pegawai, namun haruslah dengan cara-cara yang tidak boleh mematikan kreativitas pegawai.

D.Controlling (Pengendalian )
Diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah di laksanakan sesuai dengan rencana. Didalam management proyek jalan atau jembatan, controlling terhadap pekerjaan kontraktor dilakukan oleh konsultan melalui kontrak supervis, dimana pelaksanaan pekerjaan kontruksinya di lakukan oleh kontraktor. Pengawasan UmD. Controlling (Pengendalian) Controlling diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Didalam management proyek jalan atau jembatan, Controlling terhadap pekerjaan kontraktor dilakukan oleh konsultan um (General superintendat) berkewajiban melakukan pengendalian (secara berjenjang) terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh staf dibawah kendalinya yaitu site Administrasion, Quantity Surveyor, Materalis Superintendant, Construstion Engineer, Dan Equipment Engineer untuk memastikam masing-masing staf sudah melakukan tugasnya dalam koridor "jaminan kualitas (quality assurance)". sehingga tahap-tahap pencapaian sasaran sebagaimana direncanakan dapat dipenuhi ruang lingkup kegiatan kontrolling mencankup pengawasan atas seluruh aspek pelaksanaan rencana, antara lain adalah :
 1. Produk pekerjaan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif seluruh sumber-sumber daya yang digunakan ( manusia, uang, peralatan, bahan )
 2. Prosedur dan cara kerjanya
 3. kebijakan yang diambil selama proses pencapaian sasaran.
 4.Kebijakan yang diambil selama proses pencapaian sasaran

Tujuan mata kuliah ini di ambil mahasiswa prakerin 
1. Membantu menyusun Proyek pada KKN PPL/Prakerin PKL
2. Menciptakan inovasi di sekolah
3. Dapat memanagemen proyek/perusahaan
4. Mampu mengimplementasikan 
5. mengembangkan lembaga yang dipimpin
6. teknis memilih proyek yang layak di jalankan
7. Memotivasi karyawan

B.Referensi 

wassalamualaikum wr.wb 

0 komentar:

Posting Komentar

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer Assalamualaikum wr.wb A.Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) s...

 
hesti ANH_blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template