Rabu, 06 September 2017

Pengertian VPN

PENGERTIAN VPN

Assalamualaikum wr.wb

 bertemu lagi dengan saya, disini saya akan menjelaskan singkat tentang apa itu VPN ? berikut penjelasannya.

A.Pendahuluan
1. Pengertian :
 VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum , tetapi traffic ( lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site. 

menurut IETF, internet Engineering Task Force, VPN is an emulation of [a] Private Wide Area Network (WAN) using shared or public IP facilities, such as the internet or private IP backbones.

VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet.   hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel (terowongan) virtual antara 2 node. adalah suatu jaringan privat (biasanya untuk instalasi atau kelompok tertentu) di dalam jaringan interner (publik), dimana jaringan privat ini seolah-olah sedang mengakses jaringan lokalnya tapi mengunakan jaringan public.

2.Konsep Kerja VPN pada dasarnya VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Jika digambarkan kira-kira seperti ini.

internet <-> VPN server <-> VPN Client <-> Client.

Bila digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka seperti ini:

komputer A <-> VPN Client <-> Internet <-> VPN Server <-> VPN Client <-> Komputer B.

jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server sehingga dibutuhkan kemampuan VPN server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.

3.Cara kerja dan fungsi VPN
 - VPN mendukung banyak protokol seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCK. protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.
- VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
- Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan filtur keamanan. hal-hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.

4.Kelebihan Dan Kekurangan VPN

Kelebihan :
 - Sebagai solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus.
 - Meningkatkna mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para          pekerja yang mobile di organisasi.
- Filtur keamanan dapat disesuaikan.

Kekurangan :
- Dengan penyediaan akses ke karyawan secara global, faktor keamanan adalah resiko tersendiri.  Hal    ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. VPN                          membutuhkan perhatian ekstra untuk penepatan sistem keamanan yang jelas.



B.Referensi :
http://senawijayanto.blogspot.co.id/2012/05/pengertian-vpn.html
http://rdr48.blogspot.co.id/2014/07/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja.html

sekian dari saya bila ada salah kata mohon maaf
wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer Assalamualaikum wr.wb A.Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) s...

 
hesti ANH_blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template