Jumat, 29 September 2017

Pengertian Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing


Image result for pengertian cloud computing blog
Assalamualaikum wr.wb

A.Pendahuluan
Disini saya akan mengenalkan apa itu cloud computing

1.Pengertian
Cloud computing atau komputasi awan adalah istilah umum untuk pengiriman layanan dari server/host melalui internet. Dalam arti lain, Cloud Computing menyimpan dan mengakses data atau aplikasi dengan menggunakan internet, bukan lagi dari media menyimpan lokal/PC anda. Cloud/Awan adalah metafora dari internet, sehingga bisa dibilang cloud adalah komputasi berbasiskan internet.
Cloud Computing tetap menggunakan super komputer yang memiliki kinerja tinggi untuk melakukan jutaan/miliyaran perhitungan per detik. Dalam hal ini kita bukan hanya menyimpan data di server melainkan juga menggunakan layanan lainnya. Kemudian kalau kita menyimpan data di PC lokal di rumah kemudian kita mengakses dari luar rumah termasuk cloud computing.

Meskipun komputasi awan telah berubah dari waktu, Itu selalu di bagi menjadi tiga kategori layanan:
  1. Software as a service (SaaS) : Layanan Berupa perangkat lunak dan kita mengaksesnya melalui internet, kebanyakan kita menggunakan web browser.  contoh : gmail, yahoo, facebook, dll       keuntungannya : kita bisa menggunakannya dengan cepat, bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, data tersimpan di server, layanan bersifat dinamis tanpa perlu meng-update manual di perangkat kita.
  2. Platform as a Service (PaaS) : layanan yang berupa platform perangkat lunak dan biasanya sudah termasuk sistem operasi, database, web server, framework, dll. contoh : Amazon web service, Microsoft Azure.                                                                                                                Keuntungan : Proses pengembangan aplikasi dengan cepat, menyebarkan aplikasi baru ke cloud/ awan dalam hitungan menit, mengurangi kompleksitas di dalam layanan middleware.
  3. Infrastructure as a service (LaaS) : layanan yang menyediakan infrastructur IT berupa CPU, RAM,Storage, Jaringan,dll. Contoh Amazon EC2.                                                                        Keuntungan : Tidak perlu berinvestasi dalam hardware, mendukung beban kerja secara dinamis (misalnya stirage penuh, bisa di tambahkan dengan segera), Fleksibel dan layanan inovatif tersedia sesuai permintaan.
Keuntungan menggunakan Cloud Computing :
  1. Hemat baiaya: kita tidak memikirkan biaya untuk membeli hardware. Dengan cloud computing, kita bisa memilih perangkat apa saja yang kita perlukan, tentunya tanpa biaya listrik sampai biaya AC.
  2. Kehandalan : Dengan berbagai layanan yang di kelola tentunya dukungan yang di berikan oleh penyedia cloud computing juga sangat baik, misalnya dalam hal penanganan failover yang cepat.
  3. Keamanan : Data tersimpan di penyedia layanan cloud computing, kita bisa mengaksesnya dari mana saja tanpa perlu takut kehilangan data local storage.
B.Referensi 

Wassalamaulaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer Assalamualaikum wr.wb A.Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) s...

 
hesti ANH_blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template