TANTANGAN IT DI DUNIA BERKEMBANG
Assalamualaikum wr.wb
Disini saya akan membahas tentang tantangan it di dunia berkembang.
simaklah dari ulasan ini.
A.pendahuluan
1. Pengertian:
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information
technology (IT) adalah istilah umum
untuk teknologi apa pun yang membantu manusia
dalam membuat,
mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan
informasi.
TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk
data, suara,
dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya
berupa komputer pribadi, tetapi
juga telepon, TV, peralatan rumah
tangga elektronik, dan peranti genggam modern
(misalnya ponsel).
2. Sejarah
2. Sejarah
Pada
awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa.
Maka bahasa adalah
teknologi , bahasa memungkinkan seseorang
memahami informasi yang disampaikan oleh
orang lain tetapi itu tidak
bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka
informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan
tidak bisa disimpan
lama. Selain itu jangkauan suara juga
terbatas.
Setelah
itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar.
Dengan gambar
jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa
dibawa-bawa dan disampaikan
kepada orang lain. Selain itu informasi
yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa
gambar peninggalan zaman
purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang
dapat
(mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka
arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang
lebih efisien
dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa
dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti
MCMXLIII diganti
dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini
memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian,
teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat
lagi.
Teknologi elektronik
seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan
informasi menjadi
lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan
lebih lama tersimpan.
3.
Tantangan it di dunia berkembang
a.
Infrastruktur fisik dan sosial adalah dapat didefinisikan
sebagai kebutuhan dasar fisik
pengorganisasian sistem struktur yang
diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik
dan sektor privat
sebagai layanan dan fasilitas yang diperlukan agar perekonomian dapat
berfungsi dengan baik.
Infrastruktur
terbagi menjadi 2 yaitu
1.
Keterbatasan akses dan jaringan
-
Membangun bangunan infrastruktur jaringan
-
Menganalisis
dan menyediakan infrastruktur sesuai dengan kebutuhan
2.
Ketersediaan service
-
Web
server : Fungsi
utama untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui
protokol komunikasi yang telah ditentukan.
-
Data
base server : Sebuah program komputer yang
menyediakan layanan pengelolaan basis data dan
melayani komputer atau program aplikasi basis data yang
menggunakan model klien/server.
-
File
sharing server : Komputer
yang terhubung ke jaringan yang menyediakan lokasi untuk akses disk
bersama, yaitu penyimpanan bersama file komputer (seperti dokumen,
file suara, foto, film, gambar, database, dll ). Yang bisa diakses
oleh workstation yang mampu menjangkau komputer yang berbagi akses
melalui jaringan komputer
-
Mail
server : Klien
email yang diimplementasikan sebagai aplikasi web yang berjalan pada
server web.
-
Dns
server : Nama
unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer
seperti web server atau email server di jaringan
komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk
mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke
server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang
dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang
dikenal sebagai alamat IP.
b. Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan
SDM dibagi menjadi 2
1. Mutu SDM rendah
-
Rendahnya
mutu pendidikan
-
Pendidikan formal
-
prndidikan informal
-
Sertifikasi
-
Pengalaman
kerja
-
Atitud
rendah
2. SDM salah posisi
c. Managemen dan tata kelola adalah menyangkut masalah akuntabilitas dan tanggung jawab mandat, khususnya implementasi pedoman dan mekanisme untuk memastikan perilaku yang baik dan melindungi kepentingan pemegang saham.
Managemen kelola dibagi menjadi 3:
-
Dasar aturan hukum
-
Kebijakan
-
Aturan
tata kelola standar baku dan sop
d. Sumber dana
e. Tuntunan perkembangan teknologi
-
Kemajuan teknologi yang sangat pesat
-
Kebijakan pemerntah
- Tuntutan internasional
4.Berikut ini beberapa perspektif IT dari berbagai kalangan :
- IT menurut penulis : IT merupakan pendidikan yang diambil penulis di STTI I-TECH tercinta. Mengapa penulis memilih bidang IT, karena sampai kapanpun teknologi tidak akan mati justru setiap saat akan terus berkembang. Sehingga sampai kapanpun asal menguasai IT yang sedang berkembang, pasti bisa survive
- IT menurut kaum awam : Menurut mereka IT adalah internet, facebook dan game online.
- IT menurut pedagang :
Sebagai sarana penjualan (E-Commerce) sehingga meningkatkan penjualan. - IT menurut sebuah perusahaan : Sebagai sarana pemasaran (website), mempermudah sistem perusahaan (sistem keuangan perusahaan)
- IT menurut dosen maupun guru : Mempermudah pengajaran pada anak didiknya (E-Learning) dan lain-lain.
5.
Referensi
sekian dari saya
wassalamualaikum.wr.wb
0 komentar:
Posting Komentar