Selasa, 01 Agustus 2017

Standar Operasional Prosedur (SOP)

penjelasan tentang standar operasional prosedur ( sop )

di sini saya akan menjelaskan tentang SOP ( standar operasional prosedur )
assalamualaikum wr.wb

A.pendahuluan 
A.1. pengertian :
  Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya. SOP biasanya terdiri dari manfaat, kapan dibuat atau direvisi, metode penulisan prosedur, serta dilengkapi oleh bagan flowchart di bagian akhir (Laksmi, 2008:52).

Setiap perusahaan bagaimanapun bentuk dan apapun jenisnya, membutuhkan sebuah panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi setiap elemen atau unit perusahaan. Standar Prosedur Operasional (SPO) adalah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapihkan dan menertibkan pekerjaan. Sistem ini berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir.

2. LATAR BELAKANG
    Dalam mewujudkan pekerjaan yang profesional, efektif dan efisien adalah dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai fungsi dan SOP juga merupakan alat penilaian kinerja instansi pemerintah/perusahaan berdasarkan indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai dengan tata kerja, prosedur dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

3. MAKSUD & TUJUAN
    Agar menjadikan organisasi mempunyai aturan standar yang mewujudkan kinerja yang profesional dan keefektifan pekerja sesuai aturan Standar Operasional Prosedur.

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
    Dengan menerapkan pada SOP diharapkan menjadi pedoman untuk pengoptimal pekerjaan.

B. ALAT & BAHAN
* Lembaga/perusahaan beserta SOP yang telah dibuat.
* Tenaga Pekerja (SDM)

C. JANGKA WAKTU & PELAKSANAAN
    Sesuai aturan yang telah ditetapkan untuk menuju target sesuai kebutuhan.

D. PROSES & TAHAPAN PELAKSANAAN
Ada tujuh tahapan atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, antara lain sebagai berikut :
1. Menentukan tujuan yang ingin dicapai
2. Membuat rancangan awal
3. Melakukan evaluasi internal
4. Melakukan evaluasi eksternal
5. Melakukan uji coba
6. Menempatkan prosedur pada unit terkait
7. Menjalankan prosedur yang sudah dibuat.

Penerapan SOP dalam manajemen Perkantoran :
1. Setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahanya.
2. Salinan/copy SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial.
3. Setiap pelaksanaan mengetahui perananya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkanya secara aman dan efektif.
4. Ada mekanisme untuk monitor/memantau kinerja, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul , dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.

E. HASIL YANG DIHARAPKAN
    Dapat mengetahui prosedur dalam bekerja sesuai standar SOP.

F. KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
    SOP (Standard Operating Procedures) adalah panduan hasil kerja yang yang diinginkan serta proses kerja yang dilakukan. SOP dibuat dan didokumentasikan secara tertulis yang memuat prosedur (alur proses) kerja secara rinci dan sistematis. Alur kerja (Prosedur) tersebut haruslah mudah dipahami dan di implementasikan dengan baik dan konsisten oleh pelaku.


     

G.referensi dan daftar pusaka :


sekian dari saya dari penjelasan di atas tentang sop 
wassalamualaikum wr.wb



0 komentar:

Posting Komentar

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer

Configurasi DHCP Server Pada Cisco Packet Tracer Assalamualaikum wr.wb A.Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) s...

 
hesti ANH_blog Blogger Template by Ipietoon Blogger Template